Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

News Item Text beserta Soal dan Jawaban: Patient’s Medication Errors [updated]

News Item Text beserta Soal dan Jawaban: Patient’s Medication Errors

Soal Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2012/2013

Half of all heart patients make medication errors

Medicine/drugs

(Reuters Health) - Half of all heart patients made at least one medication-related mistake after leaving the hospital, and guidance from a pharmacist didn't seem to reduce those errors, in a new study.

Consequences of mistakes -such as forgetting to take certain drugs or taking the wrong dose- can range from side effects like constipation to more serious drops in blood pressure. Two percent of errors were life-threatening.

Hospitals involved in the study were already taking steps to prevent medication mistakes in addition to the extra pharmacist intervention, said Dr. Sunil Kripalani, the study's lead author from the Vanderbilt University Medical Center in Nashville, Tennessee.

"We were surprised to see that in spite of these efforts that 50 percent (of patients) were still having these medication errors," he told Reuters Health.

Although the pharmacist visits didn't help the average patient, he added, certain ones seemed to benefit - such as patients who were on multiple drugs or had trouble understanding health information.

As for traditionally lower-risk patients, he said other strategies to prevent errors may be needed.

1. What does the text tell us about?
a. The patient’s medication errors
b. The hospital’s medical treatments
c. The doctor’s medical treatment
d. The uncontrolled medical treatment
e. The pharmacist’s medication mistakes

2. What is the effect of medication errors?
a. Bleeding on heart
b. Health information
c. Problem in healing
d. Life-long time
e. Life-threatening

3. “… and guidance from a pharmacist didn't seem to reduce those errors ….” (part 1)
The underlined word is closest in meaning to ….
a. Improve
b. Upgrade
c. Decrease
d. Degrade
e. Increase

Pembahasan jawaban

1. a. The patient’s medication errors
Bisa dilihat di bacaan secara umum dibahas tentang kesalahan-kesalahan dalam pengobatan. Kata-kata `erros` / `mistakes` (kesalahan) yang dilakukan oleh pasein berulang-ulang dibahas. Judul bacaan juga sangat membantu menjawab soal ini. 

2. e. Life-threatening
Jawaban ada pada paragraf 2: The consequences of mistakes ... were life-threatening. (Konsekuensi dari kesalahan ... dapat mengancam jiwa). 

3. c. Decrease
`Decrease` dan `reduce` memiliki arti sama: mengurangi. 

Terjemahan teks news item: Medication errors

(Reuters Health) - Setengah dari semua pasien jantung membuat setidaknya satu kesalahan terkait pengobatan setelah meninggalkan rumah sakit, dan bimbingan dari apoteker tampaknya tidak mengurangi kesalahan itu, dalam sebuah studi baru. 

Konsekuensi dari kesalahan -seperti lupa minum obat atau minum dengan dosis yang salah- dapat memiliki efek samping mulai dari sembelit hingga penurunan tekanan darah yang serius. Dua persen dari kesalahan ini bahkan dapat mengancam jiwa. 

Rumah sakit yang terlibat dalam penelitian ini sudah mengambil beberapa langkah untuk mencegah kesalahan pengobatan, sebagai tambahan dari intervensi apoteker, kata Dr. Sunil Kripalani, penulis utama penelitian dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tennessee. 

"Kami terkejut melihat bahwa terlepas dari upaya ini, 50 persen (pasien) masih mengalami kesalahan pengobatan," katanya kepada Reuters Health. 

Meskipun kunjungan apoteker tidak membantu pasien secara umum, tambahnya, beberapa pasien tampaknya dapat merasakan manfaatnya- seperti pasien yang menggunakan banyak obat atau kesulitan memahami informasi kesehatan. 

Adapun pasien yang secara tradisional berisiko lebih rendah, dia mengatakan strategi lain untuk mencegah kesalahan mungkin diperlukan.

Daftar vocabulary

  • heart patients: pasien jantung
  • medication-related mistake: kesalahan pengobatan
  • pharmacist: apoteker
  • take the wrong dose: salah dosis
  • side effects: efek samping
  • constipation: sembelit
  • drops in blood pressure: penurunan tekanan darah
  • Life-threatening: mengancam nyawa
  • take steps: mengambil langkah-langkah
  • medications errors = medication-related mistake
  • on multiple drugs: sedang dalam pengobatan obat-obatan yang berbeda
  • lower-risk patients: pasien beresiko rendah
  • prevent: menghindari

Keyword: contok teks news item, news item text dan pembahasan kunci jawaban, teks news item beserta soal dan jawaban.

1 komentar untuk "News Item Text beserta Soal dan Jawaban: Patient’s Medication Errors [updated]"

  1. Terima kasih telah berbagi news item dengan soal dan jawabannya yang sangat bermanfaat sekali :)

    BalasHapus